Tutup Iklan
hijab
rajabacklink
pesantren Al Masoem

Lulusan Pesantren Menjadi Dokter? Kenapa Tidak !

Admin
16 Feb 2024
Dibaca : 68x

Banyak orang beranggapan bahwa lulusan pesantren hanya bisa menjadi ustadz, kyai, atau pengajar agama. Namun, anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Lulusan pesantren juga bisa menjadi dokter, seperti halnya lulusan sekolah umum lainnya. Bahkan ada beberapa lulusan pondok pesantren yang bisa jadi dokter.

Lulusan Pesantren Pasti Bisa Menjadi Dokter

Lulusan pesantren juga bisa menjadi dokter, seperti halnya lulusan sekolah umum lainnya. Bahkan itu bukan hanya isapan jempol belaka, kami mengambil contoh dari pesantren Al Ma'soem, yaitu pesantren modern yang ada di Bandung. Pesantren ini setiap tahunnya mentransfer lulusannya ke perguruan tinggi negeri hingga 57% untuk tahun ajaran 2023-2024. Dan 89% tahun ini siswanya masuk melalui jalur SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi). Memang betul pesantren ini masuk ke dalam pesantren modern, dan kemungkinan untuk mencapai prestasi siswa untuk menjadi dokter atau masuk ke fakultas yang diinginkan juga terbuka sangat lebar. Meskipun tetap, semua tergantung dari kemampuan siswa itu sendiri tapi sekolah dan pesantren tetap saja tidak akan hanya diam dan berdoa. Pesantren juga akan ikut berusaha membantu para peserta didiknya untuk bisa menggapai mimpinya termasuk menjadi seorang dokter. Berikut adalah beberapa alasan mengapa lulusan pesantren bisa menjadi dokter:

Memiliki Dasar Pendidikan yang Kuat

Pesantren memberikan pendidikan agama yang kuat, yang dapat menjadi landasan moral dan spiritual bagi santri dalam menjalani profesinya sebagai dokter. Selain itu, pesantren juga memberikan pendidikan umum yang cukup, seperti Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika, yang merupakan mata pelajaran penting untuk masuk ke Fakultas Kedokteran. Khusus Al Masoem, pesantren ini memberikan opsi pendidikan formal dan informal. Untuk informal sudah jelas, pendidikan pesantren seperti fiqih kajian kitab kuning, tahfidz quran dan lain sebagainya pasti ada dalam kurikulum pendidikan pesantren, namun untuk pelajaran umum? Pesantren ini menyajikan di waktu siang hari barengan dengan mereka yang full day school. Dalam pendidikan umum ini mereka dapat mempelajari ilmu ilmu pendidikan umum, ditambah peminatan yang difokuskan dari kelas 11 SMA dan peminatan yang sudah dilaksanakan di awal masuk sekolah, membuat pemfokusan santri kepada mimpi mereka semakin dipermudah dan lebih diperinci sehingga menggapai mimpi bisa sedikit lebih dimudahkan meskipun perjuangan siswa tetap harus tinggi.

Memiliki Kedisiplinan dan Ketekunan yang Tinggi

Santri terbiasa hidup disiplin dan tekun dalam belajar. Hal ini sangat penting bagi seorang dokter yang harus selalu belajar dan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan. Bahkan santri juga mendapatkan banyak sekali tuntutan selain belajar ilmu agama mereka juga harus memiliki akhlak yang baik. Hal ini yang membuat lulusan pesantren sudah terbiasa dengan hal hal yang sulit, sehingga proses untuk menggapai mimpi seperti ingin menjadi dokter semakin terasa lebih besar peluangnya dibandingkan dengan mereka yang tidak sama sekali mendapatkan pressure dan ketekunan yang kurang tinggi. 

Memiliki Jiwa Sosial yang Tinggi

Pesantren menanamkan nilai-nilai sosial dan kemanusiaan kepada para santrinya. Hal ini penting bagi seorang dokter yang harus memiliki empati dan kepedulian terhadap pasiennya.

Berikut adalah beberapa contoh lulusan pesantren yang berhasil menjadi dokter:

  • Dr. Hj. Euis Sunarti, M.Kes., seorang dokter dan pengusaha yang juga merupakan pendiri Rumah Sunat dr. Euis.
  • Dr. H. Fahmi Idris, Sp.OG., seorang dokter spesialis kandungan yang pernah menjabat sebagai Menteri Kesehatan Republik Indonesia.
  • Dr. H. Zaenal Abidin, Sp.PD-KEMD., seorang dokter spesialis penyakit dalam yang juga merupakan anggota Dewan Pertimbangan Presiden Republik Indonesia.

Dan itu yang terkenal di Indonesia, lantas apakah ada lulusan Al Ma'soem yang menjadi dokter? Ada seperti : 

Tentu saja, untuk menjadi dokter, lulusan pesantren harus memenuhi persyaratan yang sama dengan lulusan sekolah umum lainnya, seperti:

  • Memiliki nilai rapor yang tinggi, terutama di mata pelajaran IPA.
  • Memiliki skor UTBK yang tinggi.
  • Lulus tes seleksi masuk Fakultas Kedokteran.

Adapun tips dari beberapa alumni yang sukses adalah wajib bagi kamu yang ingin diterima ke perguruan tinggi negeri termasuk fakultas kedokteran adalah harus memiliki nilai yang rata rata diatas 85 itu dari semester pertama ketika masuk ke SMA. 

Lulusan Pesantren BIsa Menjadi Dokter dengan Adab yang Baik !

Dengan kerja keras, tekad, dan dedikasi yang tinggi, lulusan pesantren juga bisa menjadi dokter yang sukses dan bermanfaat bagi masyarakat. Yang lebih baik lagi, dengan tuntutan dari pesantren dan keseharian santri yang memang sangat lekat dengan adab dan disiplin membuat lulusan pesantren yang menjadi dokter akan jauh lebih memiliki adab dan attitude yang baik. SEhingga tidak hanya menciptakan dokter yang berilmu tapi juga beradab, kenapa adab itu penting? Karena moral dan kedisiplinan dokter itu sangat penting untuk menciptakan kepercayaan dari masyarakat.

Berita Terkait
Baca Juga:
Rekomendasi Tempat Wisata Paling Unik, Menarik dan Menantang di Indonesia

Tempat Wisata 12 Jul 2018

Rekomendasi Tempat Wisata Paling Unik, Menarik dan Menantang di Indonesia

Kalau liburan ke area wisata biasa seperti pantai, gunung, bukit, pusat perbelanjaan dan wahana permainan memang terlampau biasa. Meskipun sifatnya sangat seru

Obat Kuat Membuat Tahan Lama Bercinta

Berita Kesehatan 12 Jul 2018

Obat Kuat Membuat Tahan Lama Bercinta

Saat bercinta suami Anda tidak bergairah? Obat kuat yang paling aman dan manjur adalah berasal dari bahan alam. Metode tradisional dipercaya bisa meningkatkan

Bisnis Agen Pulsa dan Kuota Internet Termurah & Terlengkap

Berita Bisnis 11 Des 2018

Bisnis Agen Pulsa dan Kuota Internet Termurah & Terlengkap

Di era digital sekarang ini, seperti kita ketahui pulsa dan kuota internet sudah menjadi kebutuhan pokok sebagian besar masyarakat Indonesia khususnya

Tempat Wisata Populer Yang Ada Di Kabupaten Karangasem

Tempat Wisata 20 Jul 2020

Tempat Wisata Populer Yang Ada Di Kabupaten Karangasem

Pada saat musim liburan sekolah tiba tentunya hal ini merupakan momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh setiap keluarga yang memiliki anak kecil. Karena pada

Ini 5 Jenis Bahan Fashion Baju Muslim Hijab yang Cocok Untuk Bentuk Wajah Kamu

Berita Fashion 11 Jul 2018

Ini 5 Jenis Bahan Fashion Baju Muslim Hijab yang Cocok Untuk Bentuk Wajah Kamu

Allah SWT telah menciptakan manusia dengan berbagai jenis dan rupa. Ada yang putih ada yang berkulit gelap ada yang berwajah bundar, ada yang berwajah lonjong.

Ayo, Berwisata Kuliner Ke Dapur Membuat Bakso Seblak!

Tempat Kuliner 17 Apr 2020

Ayo, Berwisata Kuliner Ke Dapur Membuat Bakso Seblak!

Wisata kuliner, mungkin ini adalah salah satu hal yang dirindukan oleh banyak orang di masa kini. Ketika mobilitas semakin terbatas. Apalagi sudah diberlakukan

rajabacklink
Copyright © DisiniSaja.com 2024 - All rights reserved
Copyright © DisiniSaja.com 2024
All rights reserved