Tutup Iklan
hijab
hijab
Benarkah Herd Immunity Dapat Menghentikan Penyebaran COVID-19 di Indonesia ?

Benarkah Herd Immunity Dapat Menghentikan Penyebaran COVID-19 di Indonesia ?

Admin
11 Mei 2020
Dibaca : 775x

Virus corona menyebar sangat cepat ke hampir seluruh negara di dunia. Hingga 10 mei 2020, disebutkan bahwa orang yang positif virus ini sudah menembus angka lebih dari 4 juta orang. Berbagai upaya yang dicoba, ternyata belum bisa menghentikannya. Kemudian muncul opsi terakhir yang cukup kontroversial untuk menghentikan pandemi ini yaitu dengan memanfaatkan Herd Immunity.

Herd Immunity adalah bisa diartikan sebagai kekebalan komunitas. Jadi dalam satu komunitas, harus ada cukup banyak orang yang imun atau kebal terhadap suatu penyakit sehingga komunitas tersebut tidak lagi bisa diserang oleh suatu virus. Cara yang dapat ditempuh untuk mendapatkan kekebalan pada banyak orang sekaligus adalah vaksinasi.

Selain dengan vaksin, kekebalan tubuh juga bisa didapatkan secara alami oleh orang-orang yang berhasil sembuh dari penyakit infeksi tersebut. Setelah pulih dari penyakit infeksi, tubuh akan memiliki antibodi untuk melawan kuman penyebab infeksi tersebut bila suatu saat kuman tersebut menyerang kembali.

Virus apapun butuh inang atau tempat tinggal untuk bertahan hidup. Baik manusia ataupun hewan bisa menjadi inangnya. Termasuk SARS-COV-2 yang merupakan virus penyebab COVID-19. Jika virus ini tidak bisa memasuki tubuh manusia, maka ia lama kelamaan akan mati karena tidak bisa bertahan lama berada di udara terbuka.

Jika ada cukup banyak orang dalam satu komunitas memilki kekebalan terhadap suatu virus, maka virus tersebut akan hilang. Herd Immunity sebenarnya adalah konsep yang penting dijalani agar orang-orang yang sehat, bisa melindungi orang lain di sekitarnya yang imunnya tidak bagus atau yang tidak bisa menerima vaksin karena ada gangguan kesehatan tertentu.

Bisakah Herd Immunity dapat menekan penyebaran COVID-19 di Indonesia?

Sampai kini belum ada vaksin untuk virus Corona. Dan para penelitipun masih berusaha untuk mengembangkan vaksin tersebut. Jadi pembentukan herd immunity melalui vaksin belum dapat dilakukan. Sedangkan pembentukan herd immunity secara alami dengan membiarkan banyak orang terinveksi virus Corona di Indonesia juga bukanlah cara yang bijak. Bagi indonesia yang memiliki penduduk lebih dari 300 juta jiwa, dibutuhkan waktu yang sangat lama untuk mencapai herd immunity.

Tidak hanya itu, karena COVID-19 dapat berakibat fatal, jumlah korban jiwa akibat infeksi akan sangat tinggi bahkan sebelum herd immunity tercapai. Belum lagi, di Indonesia tidak sedikit jumlah orang yang rentan terhadap infeksi virus corona, misalnya lansia atau orang yang memiliki penyakit penyerta, seperti paru atau diabetes. Hal inilah yang menyebabkan konsep herd immunity tidak bisa diharapkan untuk menyudahi pandemi COVID-19, sebelum ditemukannya vaksin untuk virus corona.

Dan cara yang terbaik untuk memutus mata rantai penularan yaitu dengan melakukan berbagai cara untuk mencegah penularan. Menerapkan physical distancing, lakukan cuci tangan secara rutin, menjaga daya tahan tubuh, dan batasi pergi keluar rumah. Lakukan isolasi mandiri jika Anda mengalami batuk yang disertai dengan sesak nafas dan mengalami demam, terlebih jika dalam 2 minggu terakhir kamu berada di daerah endemis COVID-19.  

Jika banyak orang melakukan langkah-langkah pencegahan tersebut diatas, maka virus pun akan kesulitan untuk mencari tempat tinggal dan mati. Hingga la kelamaan, jumlah orang yang terinfeksi pun akan terus menurun dan pada akhirnya, pandemi ini akan reda dan Anda pun bisa kembali beraktivitas seperti biasa.

Berita Terkait
Baca Juga:
6 Cara Lembabkan Kulit Kering Agar Terlihat Lebih Sehat dan Cantik

18 Apr 2022

6 Cara Lembabkan Kulit Kering Agar Terlihat Lebih Sehat dan Cantik

Kulit yang lembab membuat seseorang terlihat lebih sehat dan cantik. Namun, tak sedikit orang yang memiliki kulit yang kering. Bahkan sangat kering sehingga

Cafe Goedkoop, Tempat Ngopi Bergaya Belanda dengan Harga Ramah di Kantong

Tempat Kuliner 5 Jul 2020

Cafe Goedkoop, Tempat Ngopi Bergaya Belanda dengan Harga Ramah di Kantong

Cafe tampaknya adalah lokasi yang tak jarang ditemui di seluruh wilayah di Jakarta. Tidak sedikit cafe yang mempunyai ciri khas-nya sendiri-sendiri, ada yang

Berbagai Kebiasaan Baru di Masa 'Di Rumah Saja'

Berita Kesehatan 2 Apr 2020

Berbagai Kebiasaan Baru di Masa 'Di Rumah Saja'

Saat ini tentu orang-orang mulai ‘terbiasa’ dengan fenomena bekerja dan belajar dari rumah atau 'di rumah saja'. Ketika kini sebagian orang

Jokowi dan Bansos Februari 2024 Rp 11.25 Triliun: Politik atau Kepedulian?

Berita Politik 30 Jan 2024

Jokowi dan Bansos Februari 2024 Rp 11.25 Triliun: Politik atau Kepedulian?

Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru-baru ini mengumumkan pemberian bantuan sosial (bansos) senilai Rp 11.25 triliun untuk 18.8 juta orang. Setiap penerima akan

Fungsi dan Manfaat Suplemen Vitamin C Redoxon Bagi Tubuh

Berita Kesehatan 2 Jul 2022

Fungsi dan Manfaat Suplemen Vitamin C Redoxon Bagi Tubuh

Vitamin C memiliki manfaat selain untuk meningkatkatkan kekebalan tubuh juga sebagai antioksidan terbaik. Vitamin C adalah vitamin yang larut dalam air dan

Tips Memilih Hijab Yang Nyaman Dan Berkualitas

Berita Fashion 25 Feb 2021

Tips Memilih Hijab Yang Nyaman Dan Berkualitas

Saat ini online shop sudah sangat banyak sekali bermucunculan, dan kamu bisa membeli barang apapun yang kamu inginkan dengan cepat seperti hijab dan busana

Berita Terpopuler
Berita Terbaru
RajaKomen
Copyright © DisiniSaja.com 2024 - All rights reserved
Copyright © DisiniSaja.com 2024
All rights reserved